Sidang Redaksi

Sidang redaksi merupakan jantung pengelolaan berita tiap media. Sebuah surat kabar paling sedikit mengadakan minimal enam atau lebih sidang redaksi setiap harinya.

Sidang redaksi harus dihadiri semua redaktur kompartemen (editor), misalnya kompartemen lingkungan, politik, ekonomi, olahraga, hukum dan kriminalitas, feature, fotografer, seni-budaya, tehnologi, periklanan dan sirkulasi, keuangan, sub-editor, sekretaris redaksi, penanggungjawab redaksi, redaktur pelaksana. Dua yang disebut terakhir sering disebut sebagai tulang punggung tim.

Memang tidak selalu yang dibicarakan pada sidang redaksi menyangkut pemberitaan. Namun, ada pentingnya bagian periklanan, sirkulasi dan keuangan ikut hadir, sebab selain masukannya sangat penting, ketiga kompartemen ini akan memberikan pertimbangan terhadap sebuah berita yang memiliki sale value (nilai jual), oplag value (nilai oplah) dan profit value (nilai keuntungan). Bisa saja sebuah berita, setelah ditelaah dari tiga sisi ini akan berubah menjadi adventorial. Namun, ini tidak sering terjadi.

Large Russia News Meeting

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 189 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: