Menulis Profil

JT playing profile

Politician interview on Le Telegramme

Orang sangat suka membaca atau mendengar cerita tentang orang lain, kata Harold Evans, mantan redaktur koran terkenal The Times dan Sunday Times di Inggris. Ini bukan basa-nasi. Maka, jangan heran jika melihat halaman koran, tabloid, profil radio dan televisi berkisah tentang kehidupan seorang tokoh. Ini wajar, sebab profil adalah potret adalah manifestasi bias “people/human interest” dalam media.

Apa dan bagaimana ragam kepentingan dalam sebuah profil

Pembaca

Tulisan profil sangat populer. Tulisan jenis ini memenuhi rasa ingin tahu setiap orang tentang diri orang lain. Apa yang menggerakkan jiwa mereka? Kesulitan apa yang berhasil mereka atasi? Bagaimana sesungguhnya sosok pribadi seseorang diluar penampilannya di depan umum? Apa penyebab kejatuhannya? Jenis pertanyaan-pertanyaan seperti ini memiliki daya tarik yang kuat. Melalui profil, reporter dapat ‘mengintip’ kehidupan pribadi atau profesi orang lain.

Reporter

Menulis profil  cukup menyenangkan, menantang dan mambantu reporter membangun kontak dengan narasumber penting. Selain dapat membantu membangun reputasi reporter melalui profil yang dibuat. Keuntungan lainnya, pembuatan profil dapat memudahkan menyusun database profil narasumber untuk kebutuhan jurnalis dimasa depan/liputan lainnya.

Redaktur

Profil dapat dimunculkan secara rutin dan dalam seri setiap minggunya. Pembaca sangat menyukai format berseri. Redaktur dapat memasukkan hal-hal yang menarik secara rutin dan menyederhanakan tulisan yang semula mempersulit pembaca.

Pemilik Media

Diuntungkan dalam aspek komersial yang penting dalam penyajian profil. Dalam perhitungan biaya, keefektifan profil cukup menarik bagi pemilik media.

Orang-orang yang diprofilkan

Memberikan kesempatan bagi mereka untuk lebih dikenal. Banyak pejabat lokal yang gandrung dengan jurnalis hanya untuk dibuatkan profilnya.

Bisnis Media

Sebuah profil sebagai berita juga sebagai pariwara/adventorial. Penulisan profil dengan dasar ini membantu pemasukan finansial bagi bisnis media.

Ragam profil:

  1. Profil pendek yang menonjolkan sosok seseorang  yang dianggap memiliki nlai berita.
  2. Profil yang difokuskan pada pandangan seseorang tentang suatu masalah atau pengalaman terbaru.
  3. Profil yang mengulas kehidupan seseorang.
  4. Profil yang ditulis tentang seseorang karena pola hidup dan pikirannya yang aneh.
  5. Profil otoritatif adalah upaya media menyajikan pandangan tertentu mengenai suatu persoalan.
  6. Obituari adalah bentuk profil yang mengabarkan peristiwa kematian seseorang tokoh.
  7. Gosip. Profil ini sebisa mungkin dihindari, kendati mungkin saja berdampak pada kenaikan oplah media. Jenis ini lebih menekankan pada kehidupan pribadi (prifacy) seseorang ketimbang kehidupan sosialnya.
  8. Fokus khusus. Profil ini lebih membangun gambaran seseorang berdasarkan sudut berita tertentu.
  9. Reporter dilarang keras menulis profil yang  menampilkan sosok tokoh yang menanggapi secara ringkas sejumlah pertanyaan. Untuk untuk menghindari penyosokan dari sisi seksualitas, ras, agama, kesukuan.
  10. Profil populer memfokuskan keterampilan seseorang dalam bidang tertentu dan menampilkan lebih banyak fakta/rekaman audio/video secara detail tentang gagasannya.
  11. Profil keluarga. Menampilkan pasangan sosok tokoh.

Iklan profil yang diperoleh reporter dengan tendensi tertentu, seperti menjadi antek golongan tertentu, parpol tertentu, pejabat tertentu, publik figure tertentu, berhak ditolak oleh bagian periklanan.

Semua materi iklan profil harus berdasarkan profit oriented, dan telah melalui proses pengkajian yang matang. Agar citra Media tidak tercemar karenanya.

Reporter tidak menggunakan kedudukannya untuk mencari keuntungan pribadi dan merusak citra Media. Pelanggaran terhadap panduan ini akan dikenakan sanksi berat.

Chaelie Sheen Interview

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: