Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Penulisan Berita Radio, Televisi dan Cetak

wartawan (foto: flickr)

Pertanyaan

Teras soft news tidak dimulai dengan pertanyaan. Teras ini berfungsi memberikan informasi pada pembaca dan bukan interogasi. Biasanya, pertanyaan dapat menjadi pembuka feature ataua berita yang dianggap “lembut” di media mungguan.

Kata Klise “Terjadi”

Hindari penggunaan kata “telah terjadi” atau “terjadi” atau “akan terjadi” pada awal berita. Kata-kata seperti ini menjadi kartu mati dalam penulisan berita yang menunda penampilan berita yang nyata.

Sebaiknya reporter jangan membuat laporan seperti ini: “Terjadi kembali kerusuhan di Lipu, Buton, tadi malam. Kerusuhan ini menyebabkan empat penduduk tewas dan dua luka berat.

Lebih baik reporter mengatakan: “Dua penduduk tewas dan dua lainnya luka berat dalam kerusuhan di Lipu, Buton, tadi malam.

Pronomina (kata ganti orang) yang tak disebutkan.

Hindari anak kalimat, dan gunakan kalimat induk untuk pendahuluan. Munculnya pronomina yang tak disebutkan subjeknya dalam anak kalimat akan membuat akalimat itu tampak buruk. Pronomina baru dapat digunakan setelah subjeknya disebutkan dengan jelas pada kalimat sebelumnya. Reporter harus menghindari penulisan kalimat seperti ini: “Dengan gaya kepemimpinannya yang penuh kontroversial dan tak terduga, yang oleh banyak orang disebut ‘gaya aritikrat’, Kaimoeddin…

Kalimat Negatif

Hindari kalimat negatif. Reporter jangan menulis: “Pihak kepolisian tak membenarkan berita bahwa pengeboman rumah ibadah didalangi pihak provokator…” Lebih baik Anda menulis: “Pihak kepolisian menyangkal adanya dugaan pengeboman rumah ibadah di Baubau didalangi provokator…

Penyebutan Angka

Jangan pernah memulai kalimat dengan angka dalam teras berita—dalam judul masih dimungkinkan. Reporter masih mungkin menggunakan klausa “34 pelacur ABG ditangkap” untuk judul berita. Namun jurnalisme punya konvensi: Angka di bawah 10 harus dituliskan dengan huruf (sembilan, delapan), 10 atau lebih dituliskan dengan angkanya (23, 19, 56…).

writing news

writing news

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: