Unsur Berita dalam Media

Hard News (berita keras)

Bisa dikatakan sebagai liputan isu atau peristiwa pada masa lampau atau yang sedang terjadi. Sebagian besar peliputan “berita keras” bersandar pada liputan dan detail-detail terpilih dalam bentuk, baik kalimat langsung maupun tak langsung. Biasanya dimulai dengan penyajian uraian-uraian terpenting dan disusul dengan uraian yang tak begitu penting. Uraian yang mendasari genre ini diperlukan untuk membuat berita ini mudah dimengerti, namun uraian isi, analisis, komentar dan penyebutan kata “saya” oleh reporter Media Penerbitan/Penyiaran dapat dihilangkan atau tetap dimasukkan dan tak ditulis terlalu banyak. Genre ini lebih memberikan informasi

Soft News (berita lunak):

Elemen berita tetap kuat dan menonjol pada bagian awal, tetapi ditulis dengan gaya yang lebih ringan. Sebagian besar isinya didasarkan pada rincian faktual dan kutipan, tetapi penulisan lebih fleksibel, selain cenderung lebih deskriptif dan banyak komentar. Irama tulisan yang ditempatkan dibagian pendahuluan, tampil segara dan mungkin juga ironis. Genre ini selalu dihubungkan dengan keakuratan, objektivitas dan netralitas yang semuanya memberikan unsur hiburan.

Feature News (berita feature):

Biasanya lebih panjang daripada straight news (berita pendek). Tulisan ini menonjolkan engle (sudut pandang) terhadap berita, meski engle itu tak harus selalu ditempatkan dalam alinea-alinea awal. Unsur kutipan juga penting. Feature merupakan gabungan uraian, komentar, analisis, latar sejarah yang detail, liputan saksi mata, dan liputan yang mendalam yang terhadap isu yang menggali lebih banyak sumber berita.

Backgrounder (latar belakang):

Tekanannya tak pada berita, tetapi lebih pada penjelasan atau membuat kerangka acuan tentang peristiwa yang sedang terjadi. Penekanan terfokus pada latar belakang historis atau berusaha menjelaskan berbagai isu-isu dan orang-orang yang terlibat didalamnya.

Colour Feature (feature berwarna):

Artikel sepanjang feature yang berfokus pada uraian, liputan saksi mata, kutipan dan detail-detail yang faktual. Genre ini memuat bahan-bahan sebagai latar belakang historis sebuah peristiwa. Tulisan seperti ini memerlukan engle yang kuat.

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: