[Arsip] Redaksional: Clean and Good Governance

Kata pelayan masyarakat memang kurang enak didengar, namun begitulah seharusnya posisi berbagai institusi dalam menjalankan kinerjanya.

Tentunya bagi kita, pelayan selalu anonim dengan babu, pembantu atau lain sebagainya yang mengacu pada level nomor dua. Nah, kata ini sebaiknya diartikan sebagai penanggung jawab pajak yang kita bayarkan, institusi pemerintah, harus memperbaiki pelayanannya, birokrasinya, serta tentu merevisi berbagai aturan yang sulit diterjemahkan dalam bahasa orang awam.

Good Governance, kelak, bukan lagi sebagai cita-cita. Istilah asing ini akan sangat bermakna jika para penggunanya mengerti benar bagaimana menerapkannya. Pemerintahan yang baik tentu pula harus bersih. Pengawasannya harus juga dilakukan langsung oleh rakyat, bagaimana melakukan penarikan pajak, menghitungnya, membaginya dalam berbagai pos, merealisasikan pos dana yang telah ada, dan melihat hasilnya. Paling penting, bagaimana memformulasikan mekanisme pemantauan oleh masyarakat, sejauh mana uang yang mereka bayarkan digunakan.

Good and Clear Governance, sebenarnya buka barang baru yang tercipta dekade ini. Upaya ini sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun di berbagai negara dunia kedua dan dunia ketiga. Indonesia baru mengenalnya beberapa tahun belakangan ini saja.

Namun sebuah pemerintahan yang baik dan bersih, tak hanya menuntut pemerintah bekerja keras dengan baik. Sebagai masyarakat pun, Anda harus memiliki rasa bertanggungjawab terhadap pelaksanaannya.

Salurkan mekanisme kontrol dan pengawasan Anda para tempatnya. Gunakan hak bicara Anda untuk mengatakan bahwa kesalahan harus diperbaiki, dan kebenaran terus dilanjutkan. Tanpa dua katalisator ini, pemerintah dan masyarakat, sebuah cita-cita Good and Clean Governance hanya menjadi bualan dan bahan lelucon anak-anak kita. ***

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: