Keamanan Cyber adalah Tanggungjawab Bersama

Oleh Michael B Kaiser

Diterjemahkan bebas oleh Ilham Q Moehiddin

Banyak orang percaya mereka tahu lebih banyak seputar dunia digital. Dan dunia digital adalah sesuatu yang lebih baik dari dunia secara fisikal. Segala sesuatu mulai dari membayar tagihan sampai panggilan telepon saat ini relatif dapat dilakukan secara online. Orang-orang dapat meletakkan beberapa dokumen penting, foto dan informasi keuangan secara elektronik—dan dapat mengatur lebih banyak hal lain. Orang-orang belum akan mengamankan data mereka dari penyabotan dalam budaya digital, sebelum mereka tahu tentang pentingnya keamanan digital.

Sebelumnya, jika Anda tidak mengambil tindakan terhadap kemungkinan kejahatan digital terhadap diri Anda, Anda tidak saja hanya membahayakan diri Anda. Dampaknya akan mengenai teman Anda dan keluarga Anda. Singkatnya, seorang penjahat digital dapat meninggalkan sesuatu dalam jaringan yang beresiko ditemukan oleh Anda. Mereka akan mengirim email asing berisi iklan ber-tag yang menganjurkan Anda menuliskan password Anda, untuk dikirim ke account email-nya. Bagi orang yang tidak mengerti, bila mengunjungi iklan ini, maka seketika itu juga dia telah terkena kejahatan digital tanpa peringatan lebih dulu.

Dengan angka pengguna jaringan online yang tumbuh signifikan setiap harinya, maka tidak mengejutkan jika banyak orang secara bersamaan dapat menjadi terget kejahatan digital. Kerapkali, mengetahui cara perawatan dan menggali banyak pengetahuan tentang hal ini adalah langkah awal. Ingatlah 10 tips ini sebagai langkah awal menangkal serangan kecerdasan digital.

  1. Lindungi informasi pribadi Anda. Ketahuilah siapa saja yang akan menggunakannya dan mengerti bernilainya informasi tersebut hingga mengapa orang lain membutuhkannya padahal Anda tidak berniat membagikan.
  2. Buatlah password yang rumit dan panjang, dengan menggunakan gabungan huruf, angka dan simbol. Pastikan menggantinya sesering mungkin, dan simpanlah dalam ingatan “password utama” yang tidak mungkin diketahui orang lain.
  3. Jangan gunakan jaringan publik/umum untuk melakukan bisnis yang bersifat pribadi.
  4. Aturlah perangkat lunak pengamanan Anda, sistem operasi dan perbaharui sistem pengamanan secara otomatis.
  5. Lakukan transaksi hanya pada situs yang aman. Perhatikanlah “shttp” atau “https” nya dalam URL.
  6. Atur dan gunakan secara pribadi, keamanaan dan pengaturan keamanan lainnya dalam jaringan sosial.
  7. Mengertilah tentang cara perawatan/penanganan dan pelajarilah lebih banyak hal tentang bahaya kejahatan digital di situs NCSA dan Facebook Security Page.
  8. Buat file dukungan (backup file) terhadap file yang berisi informasi penting secara reguler untuk menyimpan file musik, foto dan beri perlindungan keamanan terhadap file pekerjaan Anda.
  9. Lindungi juga komputer Anda secara fisikal. Jika Anda meninggalkan kartu kredit Anda di lokasi umum, itu sama halnya meninggalkan komputer Anda.
  10. Laporkan setiap kejahatan digital.

Ingatlah, bahwa untuk tetap aman dalam jaringan digital adalah tanggungjawab bersama. Tetaplah mencari informasi terbaru tentang bagaimana Anda dapat menolong diri Anda, teman Anda dan keluarga dengan mengunjungi Facebook Security Page dan National Cyber Security Alliance Page.

Michael Kaiser adalah Direktur Executive pada National Cyber Security Alliance (NCSA), lembaga nirlaba Amerika Serikat yang bekerja untuk menjaga keamanan setiap orang secara online. Organisasi ini memfokuskan kegiatannya pada pendidikan keamanan cyber untuk mendapatkan informasi dan peralatan bagi orang-orang untuk tetap mengambil alih kendali, mempersiapkan diri dari serangan dan kejahatan cyber. Pada bulan oktober yang juga bulan kepedulian NCSA, kami meminta Michael untuk berbagi pengetahuannnya seberhubungan apa yang harus dilakukan ketika melakukan kontak jaringan online.

Michael berharap Anda akan mengecek situs NCSA cyberskits untuk mempelajari apa dan bagaimana pengamanan cyber.

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: