[Kliping Media] Surat Kabar Umum HALUOLEO POS

Penerbit: Yayasan Pendidikan Pers Haluoleo. Komisaris Utama: Prof. Ir. H. Mahmud Hamundu, MSc. Pemimpin Umum: Ny. Hj. Murni Hamundu. Wakil Pemimpin Umum: Haludin Ma’waledha. Alamat Redaksi/Tata Usaha: Jln. Chairil Anwar, No. 7 Wua Wua, Kendari, Sulawesi Tenggara. Pemimpin Redaksi/Penggungjawab: Haludin Ma’waledha. Dewan Redaksi: Haludin Ma’waledha (Ketua), Darwis, Ridway Balaka, Lasirama, La Dupai, Iskandar, Amin Yohanes, Damsid, Rekson S. Limba, Anas Nikoyan, Arief Baelawi. Staf Redaksi: Suharlin, Suhusu, Arsyad, Hainis, Rachmawati, Nurdian, Saputra, Rahmatia. Layuoter: Yohanes DM, Idham Idrus. Pemasaran: La Pemilu, Saleh. Iklan: Dessy Triningrum, Sri Sundari. Percetakan: HAM Jaya Kendari. SIUPP: No. 1441/Menpen.SIUPP/1999, tanggal 2 Juni 1999.

Surat kabar yang tampak di blog adalah Edisi No. 30/Tahun Ke-II/Agustus 2000. Harga: Rp 2.000,- (dalam kota) & Rp 2.500,- (luar kota).

Koran harian berukuran tabloid ini nyaris menjadi kompetitor Harian Pagi Kendari Pos milik jaringan berita Jawa Pos, jika saja dikelola baik dan memiliki modal memadai. Sayangnya, koran ini, terlihat tidak begitu profesional dalam penggarapan dan menyajiannya. Dari 12 halaman yang dimilikinya, beberapa halaman kering sama sekali, sebab redaksi tidak merencanakan foto apapun di sana. Di format dalam ukuran tabloid, berkolom enam, dengan model menumpuk berita di halaman depan, lalu disambung di halaman berikutnya, tidak mempertimbangkan peletakan foto sebagai unsur yang memperkaya halaman depan. Demikian juga halaman-halaman lainnya. Gaya penulisan straight news. Akurasi kata yang lemah terlihat di mana-mana, padahal dengan usia yang menginjak edisi ke-30, seharusnya kesalahan ejaan dan detil layout bukan masalah lagi. Kehadirannya tak terlalu menarik minat pembaca, sebab dengan tampilan yang sederhana yang didominasi warna grey, putih, hitam dan biru, dibandingkan dengan harganya yang “kelewat” mahal dari media saingannya, ternyata tidak menjadikan koran ini sebagai alternatif.

Kebanyakan awak redaksinya adalah kalangan akademisi, hingga menghabiskan porsi buat wartawan profesional, adalah sedikit hal yang menjadikan koran ini tak begitu diminati. Tirasnya sendiri, diakui pemiliknya, masih menyentuh angka 1.000/hari. Ini sangat sedikit dibanding jumlah penduduk kota Kendari saja yang berjumlah 220 ribu jiwa. Apalagi dikatakan bahwa wilayah edarnya meliputi Sulawesi Tenggara. Terbit tiap hari, 12 halaman.

Bermotto: Akomodatif, Aktual, Terpercaya. Selain sejumlah kolom ber-raster, tidak ditemui satupun judul rubrik di dalam koran ini. Pembaca seolah diminta “menebak” sendiri rubrik apa yang sedang mereka baca. []

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

4 responses to “[Kliping Media] Surat Kabar Umum HALUOLEO POS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: