[Kliping Media] Surat Kabar Umum BERITA KERATON

Penerbit: Yayasan Rambana Media Keraton. Alamat Redaksi/Sekretariat/Tata Usaha: Jl. Diponegoro, No. 48 Baubau, Buton, Sulawesi Tenggara. Pemimpin Perusahaan: Muchlis Muhdar. Dewan Redaksi: Drs. H. Laode Moch. Halaka Manarfa (Ketua), LM Yamir Bay, SE., AR. Rasyidi Budiman, Jaenal Mare. Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Fajar Ishak. Wakil Pemimpin Umum: Nalmas, SE. Wakil Pemimpin Redaksi: Laode Asraruddin. Staf Redaksi: Drs. Labia, Hainis, Asep Saifullah, Anie Trisnawati, M. Ridwan Is (Kendari). Sekretaris Redaksi: Jumaria. Perwajahan: Zulkifli, Yohannes. Koordinator Sirkulasi: Ali Ismail Harun. Percetakan: PT. Selatan Jaya. SIUPP: No. 1355/SK/Menpen/SIUPP/1999. Tanggal 4 Juni 1999.

Surat kabar yang tampak di blog adalah Edisi No. 01/Tahun 01/Agustus 1999. Harga: Rp. 1.500,-

Sesuai namanya, Surat Kabar Umum Berita Keraton, lahir dan dimiliki oleh trah Sultan  Buton, dan kerabat keraton Buton. Surat kabar ini mengklaim dirinya sebagai media massa pertama di Kabupaten Buton. Tampil perdana tak segarang namanya. Berukuran plano, sembilan kolom dan empat baris vertikal, agaknya cukup besar, hingga membingungkan dalam format tata letaknya. Simaklah edisi perdana ini, menampilan satu foto (ditempatkan kecil di sudut kiri atas head news), dan sebuah foto lainnya (ditempatkan sebagai insert pada kolom kedua, baris ke empat—simetris dengan foto head news di atasnya). Penampilan awal yang kering ini tidak urung mendapat sambutan senada dari praktisi media massa lainnya, namun tetap saja mendapat apresiasi besar dari masyarakat Baubau.

Aroma kampanye tercium sangit dari penerbitan ini. Maklum saja, sebab media ini selain dimiliki tokoh Masyumi dari Partai Bulan Bintang (PBB), juga tergambar jelas dari formasi pemberitaannya yang tidak lepas dari nuansa tersebut. Penerbitan ini tetap harus diberi penghargaan yang setimpal, sebab dianggap berani. Dengan SDM yang tidak populer dan terlampau baru di dunia jurnalistik dan bisnis media di Sultra, Berita Keraton mampu menarik keluar akar masyarakat masyumi yang berkembang di daratan Buton. Kemampuannya melirik pasar kader masyumi yang besar, dan menjadikan pasar tersebut sebagai acuan pemberitaan, menunjukkan bahwa media ini siap berkompetisi dan siap memetik untung dari upayanya. Awak iklan di koran ini mampu menjual kolom iklan di kanan-kiri benner sebelum tengat waktu terbit perdana; sesuatu yang cukup sulit dilakukan pada kebanyakan media-media di daerah yang hendak terbit perdana.

Edisi perdana ini digarap kurang maksimal. Halaman-halaman berikutnya pun kering-kerontang, bahkan halaman 7 cukup dengan sebuah foto kecil di bagian tengah kepala berita. Tajuk redaksi yang dibingkai dengan nama Nurani Redaksi. Sedikit unik, ketika redaksi meluncurkan edisi perdananya, dan tajuk mereka membahas Pasar dan Otonomi Daerah, membawa bukti bahwa manajemen media ini mampu melirik pasarnya.

Tidak ada data resmi tentang berapa besar tiras dan coverage area media ini. Tapi dilihat dari segmentasi, sasaran, dan area pasarnya, serta perusahaan dimana media ini dicetak, dapat dipastikan tirasnya tidak kurang dari 2.000 eksemplar. Terbit setiap minggu, 8 halaman.

Bermotto: Mendukung Pancasila Menuju Masyarakat Madani. Rubrik-rubriknya, antara lain, Manusia & Kehidupan; Berita Kota; Daerah; Opini; Kolom Referensi; Budaya Buton; dan Hiburan. []

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

2 responses to “[Kliping Media] Surat Kabar Umum BERITA KERATON

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: