Almanak Penting Kekhalifahan Islam

Tahun 1037

Dinasti Seljuk Iran didirikan di bawah Amir Daud Mikail bin Seljuk.

Tahun 1054

Muslim Berber (Al Murabithin) menyerbu Afrika Barat dan menguasainya.

Tahun 1078

Penguasa di Aleppo berganti kepada Amir Nanash bin Alep Arselan yang mengawali Dinasti Buriyah.

Tahun 1095

Perang Salib Pertama. Perang selama empat tahun itu mencatat kemenangan bagi umat Kristen yang berhasil mendirikan kerajaan kristiani di Jerussalem (Palestina).

Tahun 1108

Armenia berdiri sendiri di bawah Amir Suqman Al Qurthubi Shawar. Dinasti Shahat ini bertahan hingga 90 tahun.

Tahun 1120

Dinasti Muwahiddin muncul di Marakesh, lantas menggeser Al Murabithin 20 tahun kemudian.

Tahun 1147

Perang Salib Kedua. Giliran pasukan salib dikalahkan. Pasukan Muslim unggul hingga kota Damaskus jatuh dalam peperangan selama dua tahun. Perang ini tidak segera berakhir, tetapi kedua belah pihak saling unggul-mengungguli.

Tahun 1164

Akhirnya, kemenangan jatuh ke tangan Muslim. Panglima Muslim yang gagah, Shalahuddin Al Ayyubi berhasil menaklukkan Jerussalem dan membebaskan Palestina setelah kerinduan terbebasnya kota suci agama-agama ini selama 70 tahun.

Tahun 1171

Jatuhnya kekuasaan Kristen di Jerussalem, menjalarkan kemenangan pada pasukan Muslim. Berturut-turut Mesir dan semenanjung Afrika, serta Arabia ditaklukan dibawha daulah Salahuddin, bahkan pasukan Kristen eropa mulai gelau begitu tahu pasukan Muslim telah bersiap diambang benua itu. Salahuddin Al Ayyubi lalu membentuk daulah di Mesir, dan mengawali Dinasti Muslim Ayyubiyah. Selama sekitar  80 tahun telah terjadi delapan kali pergantian penguasa pada dinasti ini.

Tahun 1187

Perang Salib Ketiga. Perang kali ini berlangsung selama enam tahun. Kedua belah pihak saling unggul-mengungguli.

Tahun 1202

Perang Salib Keempat. Istambul dan Byzantium jatuh ke tangan umat Kristen setelah peperangan sengit selama dua tahun.

Tahun 1206

Pergantian kekuasaan terjadi di Tunisia. Dinasti Al Hafshiyah memerintah dengan penguasa pertama Abu Muhammmad Abdulwahid bin Abi Hafash. Pada saat yang bersamaan, Delhi, jatuh ke dalam kekuasaan pasukan Islam, dan menjadi kerajaan Islam pertama di anak benua itu.

Tahun 1214

Muncul Dinasti Al Marina di Maroko Selatan (Fez) dengan penguasa pertama Amir Abdul Haq bin Majid Al Marina. Dinasti ini sangat kuat, dan bertahan hingga abad ke 16 saat datangnya kekuatan dari Turki Ustmani.

Tahun 1217

Perang Salib Kelima. Shalahuddin Al Ayyubi masih terlalu kuat bagi pasukan Kristen. Pasukan Kristen dipukul mundur dengan kekalahan yang sangat memalukan.

Tahun 1219

Turkmenistan jatuh ke tangan masukan Mongol.

Tahun 1242

Al Musta’shim menjadi khalifah terakhir di Baghdad. Dia berkuasa selama 12 tahun.

Tahun 1248

Perang Salib Keenam. Lagi-lagi pasukan Shalahuddin Al Ayyubi masih terlalu kuat. Pasukan Kristen yang menyerang Mesir selama 6 tahun, hancur, dan terpaksa pulang dengan memalukan.

Tahun 1250

Lahir Dinasti baru di Mesir, DInasti Mamluk di bawah penguasa Al Muiz Ibek Jashinkir. Kekuasaannya melebar hingga ke Suriah. Mesir bertahan hingga abad ke 16 di bawah Dinasti Mamluk.

Tahun 1258

Dari Asia Tengah datang tentara Mongol. Baghdad jatuh. Kekuasaan Al Musta’shim berakhir.

Tahun 1270

Perang Salib Ketujuh. Perang salib kali ini berlangsung di Tunisia, Afrika. Pasukan Berber (Al Murabhithin) menang, dan kembali mempermalukan pasukan Kristen. Sementara itu, pasukan Mongol mencapai Mesir.

Tahun 1299

Dinasti Ustmani di Turki naik daun. Ibukota yang semula berada di Brussa dipindahkan ke Istambul oleh Sultan Ustman I.

Tahun 1391

Muncul tandingan bagi Mongol Timur (China) di Asia Tengah. Seorang keturunan Mongol yang Muslim, Timur-i Leng, menjadi pahlawan dengan mencaplok Persia dan menyerbu Turki. Timur-i Leng juga bergerak ke timur hingga mencapai Beijing.

Tahun 1398

Timur-i Leng menyerbu semenanjung Hindia. Delhi jatuh ketangan Muslim Mongol.

Tahun 1400

Dimulainya masa kejayaan Kekhalifahan Turki Ustmani.

Tahun 1453

Berakhirnya kerajaan Kristen Byzantium, setelah Turki menyerbu Konstantinopel. Kejatuhan ini makin memperpuruk kekalahan pasukan salib setelah perang salib ketujuh.

Tahun 1471

Marakesh jatuh ke dalam kekuasaan Abu Abdillah bin Abi Zakaria Al Wathasi. Mulailah Dinasti Wathasiyah hingga 80 tahun. Kekuasaan di Marakesh beralih-alih tetapi negara itu tetap bisa eksis di bawah kerajaan bahkan hingga setelah Turki jatuh di tahun 1924. Maulay Al Hassan II adalah lanjutan dari mata rantai penguasa sejak abad 15. Ia dari Dinasti Al Alawiyah, dinasti yang mulai memegang kekuasaan sejak 1640. Itulah saat semua penguasa Maroko bergelar Maulay.

Tahun 1520

Sulaiman Agung diangkat sebagai Sultan Turki. Inilah masa kemewahan dan kemegahan kesultanan itu.

Tahun 1526

Babur, keturunan Timur-i Leng, merebut kekuasan di Delhi dari Sultan Ibrahim dan mendirikan Dinasti Moghul. Masa pemerintahan Babur adalah masa keemasan Islam di India, dan dianggap sebagai masa kejayaan seni dan tehnologi. Walaupun hanya berkuasa selama 4 tahun, Babur telah meletakkan dasar kecintaan kepada seni dan tehnologi, karena ia sendiri adalah seorang seniman. Kekuasaannya meliputi sebagian utara Afghanistan, sebagian utara Pakistan, dan bagian utara India.

Tahun 1556

Sultan Akbar menggantikan ayahnya, Sultan Baber, meski masih berusia 14 tahun. Selama 50 tahun berkuasa, Akbar telah melebarkan kekuasaannya dua kali. Dinasti Moghul adalah pewaris arsitektur India yang hingga sekarang masih menjadi pusat kekaguman dunia. Diantaranya adalah Taj Mahal di Agra.

Pada saat yang sama, kekuasan Turki Ustmani telah sampai di Maroko, sepanjang pantai Afrika Utara, menyeberang ke Sudan, Saudi, Suriah, Iraq, Azerbaijan, Armenia dan sepanjang pegunungan Kaukasus, Krimea, Ukraina, Hungaria, Bosnia, Bulgaria, Albania, Yunani, semua terpusat pada satu pemerintahan di Instambul.

Tetapi tidak lama kemudian, kekuasaan yang sangat luas itu pudar, setelah Turki diperintah Sultan-sultan yang lemah. []

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: