[Kliping Media] Surat Kabar Umum MEDIA KITA

Penerbit: Yayasan Karya Pers Nasional. Alamat Redaksi: Jl. DR. Moh. Hatta 199, Kendari, Sulawesi Tenggara. Iklan/Tata Usaha: Jl. Rusa No. 45 D-E Ujung Pandang, Sulawesi Selatan. Penasehat: Ir. JL. Parapak. Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi/ Penanggungjawab: P.P Bittikaka. Wakil Pemimpin Umum: Nico B. Pasaka. Pemimpin Perusahaan: E. Sumilat. Wakil Pemimpin Redaksi: Benyamin Bittikaka. Redaktur Pelaksana: John Rompas. Management: PT Bahana Rama Media Wisata. Perwakilan Jakarta: Komplex Perkantoran Pluit Mas, Jl. Raya Jembatan III Blok BB/No. 2, Jakarta Utara. Setting: PT Percetakan Sulawesi. Koordinator Periklanan dan Pendistribusian: Kopparpostel. SIUPP: No. 191/SK/MENPEN/SIUPP/B.1/1986, tanggal 26 Juni 1986.

Surat kabar yang tampak di blog adalah Edisi No. 04/Tahun XXIII/Juli 1992. Harga: Rp1.000,-

Inilah salah satu koran pertama di Sulawesi Tenggara. Koran harian ini pun berukuran tabloid dengan kualitas kertas yang baik, ekslusif 60 gram. Koran ini sesungguhnya adalah cikal bakal koran harian terdepan saat ini, Harian Pagi Kendari Pos. Pada boks redaksi, Surat Kabar Umum Media Kita dinyatakan terbit sejak 6 Juni 1970. Lebih memfokuskan diri sebagai corong pemerintah, atau lebih tepatnya menyuarakan semua kepentingan Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi (Depparpostel) dalam bingkai isu Visi ASEAN Year 1992. Jika disimak komposisi pemberitaan, sangat terlihat apa yang dimaksud. Sektor pariwisata dan telekomuniasi digarap sungguh-sungguh oleh para pengelola media ini. Tampilan halaman depannya cukup menarik untuk media lokal pada era tersebut. Foto berwarna menghiasi halaman depan, dan beberapa halaman lainnya, untuk tidak mengatakan koran ini pun “kering”. Jika saja tidak dibuat berwarna, dan pada halaman yang tanpa foto didominasi raster warna merah, mungkin surat kabar ini tak akan dilirik.

Perkembangannya kemudian, surat kabar yang terbit dua mingguan ini, bermetamorfosa menjadi koran Harian Umum Media Kita. Perubahan ini menandai lepasnya Media Kita versi lama dari asuhan Depparpostel. Harian Umum Media Kita versi baru itu, awalnya dicetak dalam bentuk plano, dengan benner kata “Media” dan kata “Kita” diletakkan berdampingan diantarai spasi, tidak seperti benner awal dengan model susun kedua suku kata tersebut. Harian Umum Media Kita versi baru ini digawangi sejumlah wartawan muda, dan memposisikan diri sebagai media harian pertama di Sultra.

Kali ketiga perubahan di tubuh media ini, terjadi ketika media ini diakuisisi Jaringan Berita Jawa Pos (JPNN) milik konglomerat media Dahlan Iskan. Akuisisi penuh ini sekaligus merombak jajaran redaksi dan menajemen media ini, dengan penambahan tenaga baru dari “kapal induk” JPNN di Indonesia Timur, Harian Fajar. Namanya pun diganti menjadi Harian Pagi Kendari Pos. Bahkan mesin cetak lama pun diganti baru.

Kendati mengklaim diri dengan motto media pertama dan terdepan di Sultra, dan mendominasi pasar media harian, Harian Pagi Kendari Pos belum dapat disebut menguasai pasar sepenuhnya. Sebab, tiras koran ini belum mencapai 5% jumlah warga Kota Kendari sekalipun, yang berjumlah 220 ribu jiwa lebih, atau belum mencapai oplah 20.000 eksemplar. Persaingan memperebutkan pembaca ini makin ketat, saat kemunculan Harian Kendari Ekspress, yang sahamnya dimiliki Group Fajar dari Makassar. Banyak analis media daerah memperkirakan “perang” ini akan berujung pada kanibalisme di antara anak-anak usaha JPNN. Kendati dugaan itu belum terbukti sampai saat ini, namun dugaan tersebut pun belum sepenuhnya padam.

Sebagai cikal bakal media harian pertama di Sultra, Surat Kabar Umum Media Kita telah berhasil mengembangkan diri menjadi media daerah yang diperhitungkan. Terbit dua mingguan, 16 halaman.

Bermotto: Pembela Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Rubrik-rubriknya, antara lain, Laporan Khusus; Parpostel; Profil; Hiburan; Nusantara; English Corner; Iptek; dan lainnya. []

About these ads

About ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM [GOODREADS]: ilham_qm Lihat semua pos milik ilhamqmoehiddin

2 responses to “[Kliping Media] Surat Kabar Umum MEDIA KITA

  • Rahmad Nur

    Salam pers

    Saya seorang jurnalis yang sudah aktif 5 tahun dibeberapa media lokal diSulawesi Utara-Gorontalo, Sulawesi tengah-Palu dan harapan saya bisa dipercayakan sebagai koesponden atau kontributor diwilayah Provinsi Gorontalo.

    27 Agustus 2010

    Hormat saya,

    Rahmad Nur

    Email:atopalato@yahoo.co.id

  • Jaffray

    makasih infonya :) tdk sengaja sy menemukannya.
    salam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 103 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: