[Kliping Media] Tabloid Berita Mingguan PRO DEMOKRASI (Periode II)

Penerbit: Yayasan Tegar Media Mandiri. Alamat Redaksi: Jl. Tamburaka No. 35, Kendari, Sulawesi Tenggara. Pendiri: Mappajarungi Daeng Pabali. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Mappajarungi Daeng Pabali. Redaktur Pelaksana: Ilham Q. Moehiddin. Sekretaris Redaksi: Endang Sarjawati, S.Sos. Staf Redaksi: Hasrul, Rosmawati, Sukmawati, Jura Raja Ali. Wartawan & Peliputan Daerah: Harun (Baubau); Syahrial Ashaf (Raha); Alimuddin (Kolaka). Disain Artistik & Layout: Abdul Rasyid. Karikatur/Grafis: Irzamsyah. Sirkulasi & Distribusi: Hasrul, A.Md. Litbang: Ahmad Rifai Budiman SE., Muh. Iksan. SIUPP: No. 548/SK/MENPEN/SIUPP/1998/Tanggal 25 September 1998.

Tabloid yang tampak di blog adalah Edisi No. 27/Tahun Kedua/Minggu III/April 2000. Harga: Rp. 2.000,-

Pro Demokrasi adalah tabloid pertama di Sulawesi Tenggara (Sultra) paska reformasi. Tabloid ini terbit untuk memapas hegemoni penerbitan daerah yang ketika itu didominasi koran harian. Dari namanya, segmentasi tabloid ini, diperuntukkan bagi masyarakat pluralis dan demokratis di Sulawesi Tenggara. Memanfaatkan euforia tumbangnya Orde Baru, tabloid ini terbukti sukses dalam terbitan perdananya. Beroplah 5.000 eksemplar, tabloid ini mampu menetrasi pasar media di Sultra hingga ke pelosok. Gaya penulisan dan tendensi pemberitaan yang kritis dan lugas tabloid ini, menjadi warna baru media di Sultra. Terbit Perdana Oktober 1998. Terbit setiap mingguan, 16 halaman.

Rubrik-rubriknya, antara lain, Laporan Utama; Laporan Khusus; Laporan Daerah; Hukum & Kriminal; Bisnis & Pasar; SexKlusif; Nasional; Lingkungan & Wisata; Olahraga; Wawancara; Rendezvous; Aneka; dan Visi (Opini), dan lainnya.

Cover Tabloid Pro Demokrasi yang tampak pada blog adalah cover setelah sempat vacum selama kurang lebih enam bulan. Gaya pemberitaan dan penulisan tetap sama; kritis, tegas, lugas. Tata letak di rombak total. Kualitas kertas dikurangi untuk menekan biaya cetak, dan kelebihan biaya dialihkan untuk memaksimalkan distribusi. Jika Anda menyimak komposisi manajemen dan redaksi yang ada di atas, tampak perubahan yang dimaksud. Beberapa komponen manajemen, termasuk jurnalis, berganti dengan wajah baru. Dalam dua bulan, sejak terbit perdana kedua kalinya, tabloid ini berhasil membukukan keuntungan dari sektor iklan yang signifikan—jika diukur dengan penggunaan modal yang minim.

Namun keuntungan itu, nyaris terpakai separuhnya untuk operasional. Ternyata pula, perpecahan itu masih berlarut dan merembet ke badan Yayasan Tegar Media Mandiri sebagai penerbit Tabloid Pro Demokrasi. Para pendiri yayasan masih bersengketa soal boleh tidaknya media ini mencantumkan nama yayasan dalam boks redaksi. Di sisi lain, ke-vacum-an terbit itu membuat berkurangnya jumlah pelanggan yang sangat berarti, sekaligus menambah beban bagi bagian sirkulasi dan distribusi. Pelanggan major, yang kebanyakan berasal dari instansi/lembaga pemerintah dan non-pemerintah pun berkurang drastis.

Setelah kurang lebih empat bulan berjalan, tabloid ini mulai didera masalah. Maintenance peralatan, khususnya komputer, dan peralatan pendukung kerja redaksi lainnya, rusak dan sulit untuk diperbaiki karena membutuhkan biaya yang besar. Ditambah, sebagian aset peralatan tabloid belum diserahkan (masih dalam penguasaan) manajemen lama, dan digunakan untuk kerja redaksi media baru, SKM Kendari Ekspress. Jadilah, beban operasional yang membengkak tak bisa dihindari, kendati gaji jurnalis masih dapat dibayarkan, media ini mulai menyiapkan pengumuman penutupan (penghentian kinerja) secara permanen. Dua pekan setelah persiapan penutupan, media ini, Tabloid Pro Demokrasi, diumumkan dan dinyatakan ditutup permanen, di Edisi 34/Tahun III/Januari 2001. []

Tentang ilhamqmoehiddin

[ORGANIZATION]: http://theindonesianwriters.wordpress.com [FACEBOOK]: https://www.facebook.com/ilhamq.moehiddin [TWITTER[: @IlhamQM [GOODREADS]: ilham_qm Lihat semua tulisan milik ilhamqmoehiddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 100 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: